Pergerakan Pemuda Angkatan Sekarang

Posted in Senin, 07 September 2009
by KAWAN WIDYATAMA



Pergerakan Pemuda Angkatan Sekarang
*

oleh dhiora bintang

Tahun ini adalah tahun Spesial, Momen 100 tahun Kebangkitan Nasional, 80 tahun Sumpah pemuda, 10 tahun Reformasi terjadi pada tahun ini. Sebuah rangkaian perjuangan pemuda yang panjang.

Didik Supriyanto, dalam bukunya, Perlawanan Pers Mahasiswa menegaskan bahwa pemuda mempunyai beban sejarah. Dimulai dari Boedi Otomo tahun 1908, diikuti Sumpah Pemuda tahun 1928, sampai pergerakan mahasiswa ‘66,’78,’98. ‘Siklus’ ini selalu berulang, lalu bagaimana dengan perjuangan / pergerakan pemuda angkatan sekarang ?

Indra J Piliang, Peneliti CSIS, mengatakan “mahasiswa sekarang seperti (mahasiswa) tanpa ‘kaki’ dan ‘tangan”. Apatisme politik menjadi sebuah hal yang lumrah. Jika para pemuda (masih) terjebak dalam pola ini, bukan tidak mungkin terjadi kebangkrutan nasional.

Soekarno, Hatta, dan syahrir adalah para Founding Father yang masih muda pada saat ini. Dan ini bisa menjadi pijakan bagi kaum muda pada saat ini. Meminjam istilah Fadjoel Rachman, ini moment yang tepat untuk kaum muda bergerak, melakukan sebuah perubahan.

* (Term Of Reference Forum Publik di diskusi bulanan PKM sEntra UTama)